Jumat, 13 April 2012

Targetkan 1000 Kantung Darah

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Pekalongan menargetkan sebanyak 1000 kantung darah setiap bulannya dari berbagai golongan darah untuk memenuhi kebutuhan darah selama tahun 2012. “Kalau pada tahun 2011 lalu, target perolehan darah antara 500 hingga 750 kantung darah bisa terpenuhi. Maka  tahun ini jumlahnya target menjadi sekitar 900 hingga 1000 kantung darah,” ucap Petugas Pencari Donor Darah PMI Setempat Ali Imron kemarin.

Ali Imron menjelaskan untuk memenuhi target tersebut, pihaknya rutin melakukan kegiatan donor darah massal diberbagai tempat supaya bisa memenuhi target sekitar 30 sampai 35 kantung darah setiap harinya. Dalam minggu ini,  kegiatan donor darah massal oleh PMI akan dilakukan diberbagai tempat seperti di Pondok Pesantren Syafi’I Akrom Buaran, SMK Negeri 3, Hypermart serta di Dupan Mall Pekalongan.

Sedangkan Kadinkes Pekalongan dr Dwi Heri Wibawa menilai kesadaran warga Kota Batik untuk berdonor darah semakin tinggi. Sebab, warga Pekalongan menganggap berdonor darah merupakan bagian dari ibadah. Sementara bagi yang membutuhkan darah dari PMI Pekalongan tak perlu khawatir dengan kualitas darah. Sebab, setiap darah yang masuk ke PMI harus melalui seleksi atau uji laboratorium. Dari hasil uji tersebut, akan diketahui darah yang mengandung kuman penyakit. Misalnya,  penyakit hepatitis, Megalovirus, CDRL, dan lain-lain. Makanya,  sebelum melakukan donor darah, masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh petugas. Setelah darah diambil, juga diperiksa lagi di laboratorium. (dik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar